Kamis, 09 Agustus 2012

Proposal PTK Penjaskes SD " Meningkatkan Kemampuan Service Atas Dalam Permainan Bola Voli Melalui Metode Keseluruhan "

A.    Judul

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVICE ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE KESELURUHAN

B.     Latar Belakang
Sebagaimana yang tercantum dalam UU No. 20 tahun 2003 pasal 3 yaitu tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik supaya menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada  Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Ini merupakan tanggung jawab bersama khususnya guru demi turut mencerdaskan bangsa, diantaranya melalui pendidikan formal mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.kegiatan belajar merupakan kegiatan yang amat komplek bukan saja menyangkut aspek kejiwaan tetapi juga aspek fisik,maka guru harus berupaya semaksimal mungkin dalam menata lingkungan belajar dan perencanaan materi pembelajaran yang matang agar terjadi proses pembelajaran yang efektip baik itu dialam maupun diluar kelas guru harus mengenal substansi yang dipelajari menyangkut aspek kognitif,afektip,dan pisikomotor.
Kegiatan olahraga yang dilakukan secara baik dan benar memiliki dampak positif dalam perkembangan siswa baik di sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Karena kegiatan olahraga selain memberi manfaat kesehatan fisik juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan sosialisasi siswa di berbagai bidang, salahsatunya adalah dengan cabang olahraga Bola Voli.
Pada saat ini pemecahan permainan bola voli melalui sekoklah belum berjalan dengan baik,hingga pencapaian prestasipun belum mencapai prestasi yang diharapkan untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan berbagai hal seperti minat, bakat, kondisi fisik, infrastruktur, dana dan suatu system latihan yang disebut metode menurut Poerwadarminta (1984 : 138) Metode adalah suatu cara sistimatis guna mencapai tujuan dengan praktis,  ekonomis, cepat dan tepat guna.
Untuk menguasai permainan bola voli dibuutuhkan layihan yang continue dan sistimatis sesuai dengan prinsip latihan,maka dari itu guru dituntut berbagai usaha yang gigih dan motivasi yang tinggi kepada siswa untuk belajar, permainan bola voli merupakan permainan yang komplek artinya permainan yang bukan melibatkan keterampilan dasar saja akan tetapi sudah melibatkan keterampilan yang tinggi, koordinasi dan antisipasi.
Teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan bola voli diantaranya service, passing, blocking, dan smash. Pendapat Beutel Stahl (1998 : 13) bahwa : unsure teknik dalam permainan bola voli dapat diklasifikasikan menjadi lima macam, yaitu :
1.      Service (sentuhan bola pertama, diantaranya ada dua macam yaitu service atas dan service bawah)
2.      Dig (passing)
3.      Attak (pukulan melambungkan bola)
4.      Black (bendungan dengan satu orang, dua orang dan tiga orang)
5.      Defence (pertahanan)
Semua teknik permainan bola voli harus dikuasai oleh siswa agar tujuan pembelajaran tercapai. Tetapi tidak semua siswa mampu melakukan teknik dasar permainan bola voli,salah satunya yaitu teknik service atas dengan benar untuk mengatasi masalah tersebut, penulis mencoba mengatasinya dengan metode pembelajaran keseluruhan.

C.    Perumusan dan Pemecahan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mencoba merumuskan masalah tersebut yaitu :
Apakah dengan metode keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan srvide atas dalam permainan bola voli ?
Dari permasalahan tersebut diatas, ada beberapa alternatif tindakan agar proses pembelajaran permainan bola voli service atas dikelas VI semester 2 bisa menjadi efektif, diantarnya  :
a.                   Menggunakan Metode Keseluruhan
b.                  Dengan bentuk formasi pembelajaran yang efektif
c.                   Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai

D.    Tujuan Penelitian
Kegiatan penelitian ini mempunyai tujuan yang sangat penting yaitu :
a.       Tujuan Umum :
Penelitian bertujuan menemukan kebenaran melalui metoda keseluruhan yang berdasarkan keilmuan dan mendapatkan gambaran bagaimana proses perbaikan pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan service atas dalam permaian bola voli.
b.      Tujuan Khusus
Sedangkan tujuan khusus dari penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui sejauh mana aktivitas siswa dalam belajar service atas dalam permainan bola voli
2.      Untuk mengetahui sejauh mana aktivitas guru dalam mengajar service atas dalam permainan bola voli
3.      Untuk mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap pembelajaran  service atas dalam permainan bola voli dengan menggunakan metode keseluruhan
4.      Untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar service atas dalam permainan bola voli yang dilakukan siswa dengan menggunakan metode keseluruhan

E.     Manfaat Penelitian
Dengan adanya penelitian ini banyak manfaat yang diperoleh, diantaranya :
a.       Bagi Siswa
Dapat meningkatkan kreativitas , prestasi belajar dan disiplin serta meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan service atas dalam permainan bola voli sesuai tujuan yang diharapkan.
b.      Bagi Guru
Sebagai alat pantau keberhasilan siswa dan dapat mengembangkan kemampuan secara lebih profesional dalam bidangnya.
c.       Bagi Lembaga Sekolah
Dengan meningkatnya kualitas pembelajaran serta disiplin siswa dapat meningkatkan keprofesionalan guru akan meningkatkan mutu lembaga pendidikan

F.     Kajian Teoritis
1.      Sejarah
Permainan bola voli di ciptakan oleh William .G. Morgan pada tahun 1895. Ia adalah seorang pembina Pendidikan Jasmani pada Young Men Christian Association (YMCA). Di Kota Hal Yake, Massachusetts, AS. Mengingat Turnamen Bola Voli pertama ( 1947 ) di Polandia pesertanya cukup banyak, pada tahun 1948 IVBF ( International Volley Ball Federation ) didirikan oleh 15 negara.
Indonesia mengenal bola voli sejak tahun 1928 pada zaman penjajahan Belanda, kemudian pada tanggal 22 Januari 1955 PBVSI ( Persatuan Bola voli Seluruh Indonesia ) didirikan dan juga pertadingan bola voli masuk secara resmi dalam PON II 1951 di Jakarta dan POM I di Yogyakarta.Indonesia pertama kalinya dalam sejarah pervolian Indonesia PBVSI mengirimkan Tim Bola Voli Yunior ke juaraan dunia di Athena, Yunani dari 3 – 12 September 1989, yakni melatih tim tersebut adalah Yano Hadian dibantu oleh Traimer Kanwar serta pelatih dari Jepang Hideto Mishaka.
2.      Pengertian Bola Voli
Bola voli adalah suatu bentuk permainan yang dimainkan dua regu berjumlah 6 orang dengan tujuan mematikan bola di daerah lawan. Tehnik adalah suatu proses membuktikan dalam praktek dengan sebaik mungkin dalam cabang bola voli. Adapun ketrampilan tehnik sebagai berikut :
a. Servis ( untuk mengawali permainan )
b. Passing ( menerima bola )
c. Umpan ( menyajikan bola )
d. Spike ( melakukan serangan )
e. Bendung ( blok atau menghadang serangan )
f. Receive ( menjaga bola menyentuh lantai )
Tujuan utama melakukan service atas  adalah pukulan bola pertama dalam suatu permainan yang dilaksanakan di daerah permainan service dengan tangan dan dilakukan dari atas belakang kepala.
 Tehnik service atas meliputi :
a. Sikap permulaan
·         Kaki dibuka ke depan sedikit ditekuk
·         Telapak kaki keduanya melekat pada lantai dengan posisi yang sama
·         .Badan tegak.
·         Salah satu tangan memegang bola tangan yang satunya siap memukul bola  dengan lengan ditekuk kebelakang disamping kepala.
b. Sikap perkenaan
·         Bola dilambungkan keatas.
·         Bola dipukul dengan telapak tangan oleh tangan yang ditekuk itu.
·          Ayunan tangan memukul lurus diatas kepala ke arah depan.
c. Sikap akhir
Sikap perkenaan bola gerakan dilanjutkan dengan langkah kedepan dan pandangan kearah bola.
3.      Perkembangan bola volley
Dalam perkembangannya, sekarang permainan bola voli telah menjadi olahraga kompetitif resmi yang selalu diperlombakan dalam setiap pesta olahraga. Orientasi pembinaannya lebih mengarah pada pencapaian prestasi, akan tetapi nilai rekreasi tidak akan hilang bahkan akan selalu meningkat.

G.    Kerangka Berfikir
Permainan bola voli selalu identik dengan permainan laki-laki karena permainan ini memerlukan olah fisik yang tinggi, dalam melakukan berbagai tehnik khususnya service atas karena itu kurang diminati wanita. Permainan ini biasanya digemari oleh siswa, sedangkan siswi cederung kurang mengemari. Hal tersebut dikarenakan berbagai faktor seperti, kekuatan dan kelincahan . untuk itu agar masalah ini dapat teratasi maka penulis berupaya melakukan berbagai cara yang relevan untuk untuk meningkatkan tehnik service atas dalam permainan bola voli pada siswi melalui latihan intensif dan kondusif. Pemberian motivasi dan penguatan serta tidak lupa memperhatikan porsi latihan dengan perkembangan fisik dan psikis siswi.

H.    Hipotesis Tindakan
Dengan menggunakan metode keseluruhan dalam pembelajaran bola voli tentang service atas diharapkan siswa memiliki peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran permainan bola voli service atas.

I.       Rencana Penelitian

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tindakan yang didalamnya terdapat empat tahap kegiatan yaitu : perencanaan , pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi ( Kurt Lewis ; dalam Rochiati 2006) : keempat fase dari siklus PTK ini adalah :
Perencanaan
Refleksi Tindakan
Pengamatan
a.       Tahap perencanan
Suatu perencanaan yang baik hendaknya memenuhi dua kriteria utama penelitian :
·         Peneliti memahami perencanaan penelitian tersebut dengan baik.
·         Perecanaan disusun untuk mempermudah penelitian tindakan tersebut.
b.      Tahap observasi
Merupakan tahap pengamatan terhadap proses atau hasil pembelajaran bola voli pada kelas atau siswi yang menjadi objek. Prosedur ini dilakukan untuk mendapatkan data penelitian yang sesuai dengan kenyataan yang dihadapi.
c.       Tahap refleksi
Tahap refleksi ini peneliti mengkaji , meihat dan mempertimbangkan hasil atau dampak dari tindakan dengan menggunakan berbagai kriteria. Berdasarkan hasil refleksi ini peneliti bersama-sama rekan guru dapat merevisi untuk memperbaiki Penelitian Tindakan Kelas.
d.      Evaluasi
Siswa diberi evaluasi atau latihan dalam meningkatkan kemampuan service atas.
B. Pelaksanaan Penelitian
Dalam pelaksanaan penelitian ini peniulis melakukan penelitian :
1.      Tahap pelaksanaan tindakan pertama pada tanggal 7 Juli 2012 dan tahap kedua pada tanggal  21 Juli 2012.
2.      Tempat pelaksanaan di SD Negeri Karamat Randu Kecamatan Gunungpuyuh Kota Sukabumi.
C. Alat Pengumpulan Data
a. Metode Observasi
Penulis melihat secara langsung tentang keadaan atau kondisi sisw SD Negeri Karamat Randu.
b. Wawancara
Peneliti menggali informasi dengan berkomunikasi lansung dengan siswi SD Negeri Karamat Randu Kota Sukabumi tentang kebiasaan sisw melakukan service atas.
d.      Evaluasi atau Tes
Pengumpulan dengan berbagai cara evaluasi agar peneliti mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menguasai service atas yang disesuaikan fakta yang ada dilapangan.

D. Analisis Data
Setelah data diperoleh terkumpul, maka data tersebut di dengan membandingkan data – data yang telah didapat terhadap hal – hal yang berkaitan dengan penelitian guna mendapatkan informasi yang baik dan mudah dipahami, kemudian hasil dari metode – metode diatas dilakukan evaluasi atau tes.

J.      Jadwal  Penelitian
Jadwal penelitian ini dilaksanakan pada bulan juli
No
Rencana Kegiatan
Waktu Minggu ke
1
2
3
4
5
6
1.
Persiapan

X




2.
Menyusun Model Pembelajaran

X
X
X


3.
Menentukan Sampel Penelitian

X
X



4.
Menyusun Instrumen Penelitian

X
X



5.
Menerapkan Peralatan


X



6.
Menyusun Program Pembelajaran


X



7.
Melakukan Kegiatan Siklus I




X

8.
Melakukan Kegiatan Siklus II





X
9.
Membuat Laporan Penelitian





X


















K.    Daftar Pustaka

·         Sudrajat Ahmad (2007) “ Media Pembelajaran”
Artikel, http//Ahmad Sudrajat.woodpres.com/bahan ajar/media pembelajaran
·         Surya Ahmad (2004) “Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran
Bandung, Pustaka Bani Quraisy.
·         Rivai H. Vaizal “Faktor-faktor yang mempengaruhi efektifitas belajar mahasiswa”

2 komentar:

  1. Terimaksih Atas Proposalnya. ini akan menjadi pencerahan kepada pihak yang membeutuhkan.
    Semoga menjadi amal baik dan dibalas oleh yang Maha Kuasa, Ammiiin..!

    BalasHapus
  2. Dear Bp. Dien's

    Saya udah pake proposal PTK bapa untuk pengajuan karya ilmiah di kampus, tolong share PTK nya yang sudah jadi ,,,
    mohon bantuan Bp. blogers Diens, demi kelancaran Kuliah saya,,,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih sukses selalu

    email andre.cuex@yahoo.com

    BalasHapus