RENCANA PELAKSANAAN PEM,BELAJARAN
Nama Sekolah
|
:
|
SDN Karamat Randu
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Penjasorkes
|
Kelas
|
:
|
VI (enam)
|
Semester
|
:
|
II (dua)
|
Alokasi Waktu
|
:
|
1 x 35 menit
|
I.
Standar Kopetensi
6.1. Memperaktekan
berbagai gerak dasar kedalam permainan dan olahraga dengan peraturan yang
dimodifikasi dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
II.
Kompetensi Dasar
6.2. Mempraktekan
penerapan teknik dasar salah satu permainan dan olahraga bola besar dengan
dengan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, sportifitas dan
kejujuran.
III.
Indikator
A. Kognitif
Produk
·
Membandingkan service atas dan service
bawah
·
Menjelaskan pengaruh service atas dalam
permainan bola voli
·
Menjelaskan service atas dalam permainan
bola voli
B. Kognitip
Proses
·
Mampu menganalisis teknik gerakan dasar
service atas dalam permainan bola voli
·
Mampu menyinpulkan teknik gerakan
service atas dengan benar.
·
Mampu merancang teknik gerakan service
atas dengan efektif
C. Psikomotor
·
Dapat melakukan gerakan teknik dasar
service atas
·
Dapat melakukan gerakan service atas
dengan benar
·
Mampu melakukan service atas dengan
melewati net
D. Afektif
Karakter
·
Dengan melakukan gerakan teknik dasar
service atas dalam permainan bola voli diharapkan siswa dapat menunjukan sikap
atau prilaku yang baik, kejujuran, tanggung jawab, bekerja sama, dan menghargai
sesame teman.
E. Afektif
Keterampilan Sosial
·
Menunjukan prilaku berkarakter seperti
kerja sama, peduli, dan dapat menghargai pendapat orang lain/teman.
IV.
Tujuan Pembelajaran
A. Kognitif
Produk
·
Dapat menjelaskan sejaran singkat bola voli
·
Dapat menjelaskan teknik dasar service ayas
·
Dapat menjelaskan bentuk-bentuk latihan teknik Service atas
B. Kognitif
Proses
·
Mendiskusikan pelaksanaan
kompetisi bola voli mini yang ada di Indonesia
·
Menyelidiki pengaruh
permainan bola voli terhadap denyut nadi latihan
·
Membuat gambar lapangan
berserta ukuran – ukurannya
C. Psikomotor
·
Melakukan gerakan service
atas
·
Melakukan gerakan service
atas melewati net
·
Melakukan gerakan service
atas, dalam satu permainan kelompok dengan peralatan sederhana.
D. Afektif
Karakter
·
Disiplin dalam melaukan
setiap gerakan
·
Bersemangat sunggung-sungguh
dalam berlatih
·
Percaya diri, toleransi dan
menghargai lawan saat melakukan permainan bola voli
E. Afektif
Keterampilan Sosial
·
Mengikuti permainan antar kelompok
dengan peraturan yang sederhana, siswa menunjukan sikap – sikap kerjasama
·
Pada saat pembelajaran teori permainan
bola voli, siswa dapat menjadi pendengar yang baik
·
Selama permbelajaran teori dan praktek
siswa mengajukan pertanyaan atau pendapat minimal satu kali dalam satu
kompetensi dasar
·
Dibentuk dua kelompok, siswa menunjukan
sikap percaya diri, toleransi dan menghargai lawan dalam permainan bola voli
dengan peraturan yang dimodifikasi.
V.
Materi Pembelajaran
·
Permainan bola besar (Bola Voli)
Uraian materi pembelajaran
Menjelaskan
semua materi yang akan diajarkan pada siswa, meliputi:
a.
Aspek
pengetahuan tentang olahraga bola voli
b.
Anggota
tubuh mana saja yang terlibat pada saat melakukan service atas dan apa
kontribusi dari masing-masing anggota tubuh tersebut.
c.
Tahapan
service atas (persiapan, pelaksanaan dan gerakan lanjutan)
Bola
Voli
bola
voli adalah permainan yang dimainkan oleh dua grup berlawanan yang
masing-masing grup memiliki enam orang pemain, dimaninkan dengan cara
memantul-mantulkan bola dengan semua anggota tubuh. terdapat pula versi
permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya terdapat dua orang
pemain. olahraga permainan bola voli di naungi oleh FIVB (federation
International de Volleyball), sebagai induk
organisasi internasional, sedangkan di Indonesia dinaungi oleh PBVSI (persatuan
Bola Voli Seluruh Indonesia) pada awal penemuannya, olahraga permainan bola
voli ini diberi nama MINTONETTE. Olahraga MINTONETTE ini pertama kali di
temukan oleh seorang instruktur penddikan jasmani (Director Of Physcal
Education) yang bernama Willian G Morgan di YMCA pada tangggal 9 Febuari 1895,
di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).
VI.
Criteria Ketuntasan Minimal (KKM)…..
VII.
Model, Strategis, Pendekatan, Metode
Pembelajaran
A. Model
Pembelajaran
Ø Metode
Komando Keseluruhan, demonstrasi praktek, diskusi, tanya jawab,infroduktion
(pelajaran berdasarkan masalah)
B. Strategis
Ø Cara
Belajar Siwa Aktif (CBSA)
C. Pendekatan
Ø PAIKEM
(Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efetif, dan menyenangkan )
D. Metode
Pembelajaran
Ø Informasi
Ø Pengenalan
Ø Diskusi
Ø Tanya
Jawab
Ø Demonstrasi
Ø Penugasan
VIII. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Kegiatan
Awal (5 menit)
v Membariskan
siswa dan mengecek kehadiran
v Berdoa
v Apersepsi
v Pemanasan
B. Kegiatan
Inti (25 menit)
v Eksplorasi
-
Membandingkan service atas daengan
service bawah
-
Menjelaskan sejarah bola voli
-
Menjelaskan service atas
v Elaborasi
-
Mempasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran service atas
-
Siswa melakukan latihan service atas
dalam permainan bola voli
-
Mempasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
v Komfirmasi
-
Membahas hasil pembelajaran service atas
dalam permainan bola voli
-
Menyimpulkan hasil pembelajaran service
atas dalam permainan bol voli
C. Kegiatan
Penutup (5 menit)
-
Member pengayaan
-
Evaluasi gerak
-
Pendingan
-
Pemberian tugas
IX.
Sumber Alat dan Bahan
Alat / bahan
-
Lapngan Bola Voli
-
Bola Voli
-
Peluit
Sumber Belajar
-
Buku Penjasorkes kelas VI
X.
Penilaian
-
Tehnik Penilaian : Non Tes
-
Bentuk Penilaian : Tes Keterampilan
-
Bentuk Instrumen : Tes Praktek
Sukabumi,………………
|
Guru Penjaskes
|
|
……………………………
|
Nip………………………..
|
Las Vegas Casino: The Venetian® | JTM Hub
BalasHapusExperience the 충청남도 출장안마 excitement of an 서산 출장샵 exciting casino 제주 출장안마 gaming resort in one of Las Vegas's most iconic 태백 출장샵 destinations. 양주 출장안마 JVMs.com®.